IRMAS TV

Loading...

Minggu, 03 Maret 2013

Artikel Mentoring : Hal-Hal yang Melemahkan Iman Seseorang

Tidak ada komentar
Assalamu'alaikum wr. wb.
Kali ini kami mau ngebahas salah satu materi mentoring dari kelompoknya Kak Nita nih, kelompoknya akhwat 26 waktu hari Sabtu tanggal 2 Maret 2013 kemarin :) Judulnya sudah bisa dilihat di atas ya.. Selamat membaca..


Iman seseorang itu memang naik turun, kadang rajiiiin banget melakukan ibadah mulai dari wajid sampai sunah. Tapi kadang juga jadi males banget melakukan ibadah walau yang wajib sekalipun. Begitulah manusia, imannya tidak selalu di atas, tidak juga selalu di bawah. Untuk itu kita harus senantiasa mengingat Allah dimana pun dan kapanp pun.

Ada 3 fenomena yang menandakan seseorang sedang lemah imannya nih, yaitu :

1) Terjerumus ke dalam kemaksiatan, hati-hati nih. Kalau iman kita lagi menurun, pasti setan siap menyerang kita, apalagi keadaannya sangat menguntungkan setan untuk mengajak kita berbuat maksiat. Saat pertama kali kita diajak maksiat dan kita melakukannya, pasti akan muncul rasa bersalah dan malu karena telah melakukan dosa. Di saat itu hendaklah kita beristighfar, meminta ampun kepada Allah dan segera jauhi kemaksiatan itu. Jangan sampai lama-kelamaan kita malah merasa biasa melakukan maksiat, tidak merasa bersalah samasekali. Ingatlah, maksiat itu terasa biasa jika sudah dilakukan secara terbiasa. Naudzubillah..

2) Tidak tekun dan bermalas-malasan dalam beribadah, yang namanya iman sedang turun, pasti akan terjadi rasa malas untuk melakukan ibadah. Nah kalau sudah timbul rasa seperti ini, cara mengatasinya adalah mempererat tali ukhuwah kita. Misalnya kita bergabung dengan lingkungan yang islami, supaya nanti kita jadi terbawa untuk rajin dan semangat dalam melakukan ibadah lagi :)

3) Terpaut pada urusan duniawi, nah ini fenomena yang paling banyak ditemukan nih di lingkungan sehari-hari kita. Banyak orang lebih mementingkan urusan duniawi dibanding akhirat. Contohnya saja, ketika adzan berkumandang, berapa orangkah yang menghentikan kegiatannya dan kemudian pergi ke masjid untuk shalat berjama'ah? Dan seberapa banyak orang yang tidak mempedulikan panggilan shalat tersebut? Jangankan menghentikan sejenak kegiatan duniawinya, untuk diam sejenak mendengar dan menjawab adzan saja terkadang masih sulit, sungguh kita adalah manusia yang hina :(

Selanjutnya, berikut ini adalah sebab-sebab melemahnya iman seseorang, antara lain :

- jauh dari suasana/lingkungan Islam, seperti yang tadi sudah disampaikan, jika kita berada di lingkungan Islam kita akan terbawa untuk rajin melakukan ibadah, dan sebaliknya, jika jauh dari lingkungan Islam maka akan sulit untuk mengembalikan semangat kita dalam beribadah.

- jauh dari menuntut ilmu. karena kurangnya ilmu tentang Islam, iman seseorang jadi mudah menurun. Jika ia mengetahui ilmu-ilmu Islam tentunya ia akan bisa membangkitkan semangatnya lagi dalam beribadah.

- berada di lingkungan maksiat, iya kan? kalau berada di lingkungan maksiat otomatis jadi cenderung melakukan kemaksiatan. Manusia itu biasanya mengikuti apa yang ada di lingkungan sekitarnya.

- tenggelam dalam kesibukan dunia, karena terlalu banyak urusan dunia yang lebih dipentingkan, jadi lupa shalat, lupa ibadah, lupa ini itu, hati-hati ya, kita harus saling mengingatkan :')

- sibuk mengurusi harta, istri, dan anak-anak, ini hampir sama dengan point sebelumnya.

Nah intinya, supaya kita bisa membangkitkan iman kita ketika sedang melemah, alangkah baiknya kita memilih lingkungan yang islami, yang bisa mendorong dan membangkitkan kita ketika iman kita sedang jatuh, mengisi kegiatan seperti ta'lim, mentoring, dan diskusi islami. Banyak-banyak baca buku islami supaya wawasannya semakin bertambah :) semoga IRMAS Al-Kautsar juga bisa menjadi wadah pembangkit iman yang sedang melemah ya, dan jangan lupa untuk saling mengingatkan dalam kebaikan, akhir kata,
Wassalamu'alaikum wr. wb

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Berita Terpopuler

Member