IRMAS TV

Loading...

Selasa, 11 Juni 2013

Tafakur Alam : Mengenal alam untuk mengenal lebih dekat Sang Maha Pencipta

Tidak ada komentar
Assalamu'alaikum.. akhi, ukhsti..

Dingin yang membalut sekujur tubuh terasa begitu melekat erat memeluk jiwa yang tengah rindu akan kekuasaan tuhannya.  Alam Ciburial yang begitu anggun dan indah penuh pesona dengan keramahan penduduknya memberikan kesan yang sangat mendalam bagi para siswa yang tergabung dalam Ikatan Remaja Masjid Al-Kautsar (IRMAS) SMAN 2 Tangsel yang melakukan tafakur alam tanggal 26-27 Juni 2013. Pendakian sejauh 3 KM yang semula terasa sangat melelahkan, terbayar sudah manakala sudah sampai di puncak Gunung Cikoneng. Peluh yang membasuh baju terasa sejuk dan menyegarkan fikiran yang haus akan pelukan kasih alam yang ramah.
Kegiatan yang dilakukan antara lain adalah mengenal alam lebih dekat, game, pengajian dan tausiah renungan malam dan kegiatan bhakti sosial buat warga setempat.
Berangkat dari firman Allah yang berbunyi :""Sungguh penciptaan langit dan bumi itu lebih besar dari penciptaan manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak memahaminya." (QS. Ghafir, 57), para aktivis Irmas diajak untuk mengenal siapa dirinya untuk mengenal keagungan tuhannya dengan mengenal alam sebagai ciptaan Allah Yang Maha Agung. Dalam ayat lain Allah berfirman :“Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al-Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?” [QS. Al- Fushshilat]
Kegiatan tafakur alam diawali selepas sholat Dhuhur berjamaah dan makan siang dengan berbagai game di alam terbuka. Mereka sangat menikmati semua permainan. Mereka larut dalam kegembiraan dan melupakan keletihan saat pendakian. Selepas ashar mereka istirahat sambil menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Semilir angin yang menerpa dedaunan sungguh sangat mententramkan hati. Menjelang maghrib, mereka mulai bersiap-siap untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid.
Rangkaian acara selanjutnya adalah pengajian dan tausiah renungan malam. Acara tersebut dilaksanakan selepas shalat Isya. Dengan dipimpin oleh Bapak H. Asep Abdullah, mereka membaca surat-surat pendek selepas sholat Isya sambil menunggu makan malam. Sedangkan tausiah renungan malam dilaksanakan sedikit molor dari acara semula karena kondisi jalan raya puncak saat itu macet sehingga menghambat kedatangan bapak ustad yang datang dari BSD City, tangerang Selatan. Hampir pukul 22.00 WIB sang ustad akhirnya datang juga dan acara tausiah pun segera dimulai.
Dalam tausiah renungan malam, Ust. Subhanallah yang sengaja diundang jauh-jauh dari BSD City mencoba menggugah kesadaran kita untuk senantiasa bersyukur atas sekecail apapun nikmat Allah yang telah diterima.  Rasa syukur itu penting untuk ditanamkan dalam jiwa-jiwa yang tak pernah puas akan keinginan manusia yang begitu banyak dan tak putus-putusnya agar semua kenikmatan bisa langgeng dan terus bertambah sebagai karunia Allah SWT.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Berita Terpopuler

Member