Media Partner

Media Partner

Selasa, 24 Desember 2013

Partisipasi IRMAS : Al-Kautsar, Bagian dari Rohis Indonesia

Tidak ada komentar
Assalamu'alaikum akhi & ukhti :)
Kaifa halukum? Sudah lama ya blog-nya gak di-update lagi. Admin minta maaf nih baru bisa update blog-nya sekarang.

Alhamdulillah beberapa bulan yang lalu, logo Irmas Al-Kautsar sudah tergabung dalam Fornusa (Forum Rohis Nusantara). Dan alahamdulillah juga, tanggal 23 - 24 Desember yang lalu, Irmas Al-Kautsar sudah ikut berpartisipasi dalam acara "Rohis Menjawab Tantangan" yang diadakan oleh yayasan Rumah Rohis di Nurul Fikri Boarding School Lembang. Peserta dalam kegiatan ini kurang lebih berjumlah sekitar 200 orang. Ada yang berasal dari Lampung, Banten, dan yang paling banyak tentunya, dari Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan panduan aktivitas dakwah Rohis dan penguatan aktivitas dakwah Rohis di sekolah-sekolah serta mendorong hadirnya Rohis Model sebagai garda terdepan menyemarakkan aktivitas Rohis. Teman-teman penasaran gak kegiatan apa saja yang dilakukan oleh para duta dari Al-Kautsar? Silakan simak yang berikut ini... :)

Senin, 23 Desember 2013

rombongan Tangsel
Sekitar pukul 6 pagi, 5 orang perwakilan dari Irmas Al-Kautsar bersama perwakilan sekolah lain di daerah Tangsel berkumpul di SMPI Baitul Mal di daerah Bintaro. Kira-kira 30 menit setelahnya, rombongan Tangerang Selatan berangkat menuju NFBS Lembang. Alhamdulillah kami sampai di NFBS Lembang ketika waktu Dzuhur. Setelah registrasi, kami melaksanakan sholat Dzuhur di masjid, kemudian dilanjutkan makan siang.

Pukul 13.00, para peserta diminta untuk berkumpul di masjid untuk mendengarkan materi yang disampaikan oleh Kak Akmal Sjafril, S.T., M.Ag. Beliau menjelaskan tentang "Serangan Pemikiran Kontemporer terhadap Islam". Menurut beliau, ada 4 tantangan pemikiran yang biasa terjadi pada umat Islam saat ini, terutama pada remaja. Tantangan pemikiran tersebut yaitu: 1) Corruption of knowledge atau pengrusakan pengetahuan umat tentang Islam; 2) Deislamization; 3) Confusion (bingung membedakan antara konsep Islam dengan konsep yang bukan Islam); dan 4) The loss of adab.

Setelah pemberian materi oleh Kak Akmal dan sholat Ashar berjama'ah serta membaca Al-matsurat, para peserta berkumpul dengan kelompok masing-masing yang sudah ditentukan pada saat registrasi. Waktu ini dipergunakan untuk ta'aruf, perkenalan dengan anggota kelompok yang tentunya berasal dari sekolah yang berbeda-beda, kemudian sharing tentang Rohis di sekolah masing-masing. Kemudian panitia memberikan 7 tantangan kepada para peserta Rohis Menjawab Tantangan. 7 tantangan tersebut yaitu: 1) Tadarus Al-Qur'an one day one juz; 2) Memelihara wudhu (selalu dalam keadaan punya wudhu ketika mengikuti setiap kegiatan); 3) Sholat sunah rawatib; 4) Tidak ikhtilat; 5) Ta'aruf (minimal dengan anggota kelompoknya); 6) Infaq; dan 7) Santri bismillah (mengucap basmalah setiap memulai suatu kegiatan). Para peserta terlihat sangat antusias untuk melaksanakan 7 tantangan ini, terutama tantangan one day one juz. Terlihat di setiap kesempatan, para peserta selalu menyempatkan diri untuk bertadarus. Subhanallah.. :)


Adzan maghrib pun berkumandang. Para peserta menuju ke tempat wudhu & bersiap-siap untuk melaksanakan sholat Maghrib berjama'ah. Setelah itu para peserta diberi waktu untuk melanjutkan tadarus sampai waktu Isya datang. Setelah sholat Isya berjama'ah, para peserta menuju resto untuk makan malam. Sekitar pukul 20.30, peserta kembali ke masjid untuk mengikuti workshop manajemen Rohis dan perkenalan tentang Rohis Handbook. Setelah itu, para peserta berkumpul kembali dengan kelompok masing-masing untuk berdiskusi mengenai solusi untuk menjaga diri dari godaan-godaan masa remaja di zaman modern ini. Setelah itu para peserta diperkenankan untuk beristirahat agar kembali bersemangat di kegiatan hari kedua esok harinya.



Selasa, 24 Desember 2013
Sekitar pukul 2 dini hari, kakak-kakak panitia sudah membangunkan para peserta untuk bersiap-siap melaksanakan sholat tahajud berjama'ah. Sholat tahajud akan dimulai pukul 02.30, jadi para peserta memiliki waktu 30 menit untuk bersiap-siap, menghilangkan kantuk dengan dinginnya air wudhu. Setelah tahajud berjama'ah dilaksanakan, ada sedikit waktu bebas hingga adzan Shubuh datang. Sebagian peserta ada yang memilih untuk melanjutkan tadarusnya, ada juga yang memilih untuk mengistirahatkan badan karena masih lelah dengan kegiatan kemarin.

Tak lama kemudian, adzan Shubuh mulai berkumandang. Kami pun melaksanakan sholat Shubuh berjama'ah, kemudian dilanjutkan dengan membaca Al-Matsurat. Setelah itu, ada sedikit tausiyah shubuh yang dilanjutkan dengan sarapan. Setelah sarapan, para peserta mengisi waktu bebas dengan berjalan-jalan mengelilingi NFBS Lembang, sambil melihat-lihat pemandangan gunung yang begitu indah. Tak lama setelahnya, para peserta diminta berbaris sesuai kelompok masing-masing karena sebentar lagi waktunya outbond dan games.

Sebelum berpartisipasi dalam games yang sudah disiapkan panitia, para peserta diberi tugas untuk mencari seorang ibu dan memberikan deterjen+stiker Rohis Menjawab Tantangan kepada ibu tersebut, dan mengucapkan selamat hari ibu. Kemudian setelah beberapa menit berjalan, sampailah kami ke tempat outbond dan memulai games-games seru yang disiapkan oleh kakak-kakak panitia.

Selesai games, para peserta tidak langsung kembali ke NFBS. Kami diajak berjalan-jalan menelusuri gunung oleh panitia. Dari gunung yang kami telusuri, kami bisa melihat indahnya pemandangan alam. Kakak panitia menyampaikan untuk terus mengingat Allah dan jangan pernah sombong, karena Yang Maha Besar itu hanyalah Allah SWT. Setelah puas melihat pemandangan di sekitar gunung, kakak-kakak panitia membawa para peserta kembali ke NFBS untuk penutupan acara Rohis Menjawab Tantangan...

Sesampainya di NFBS, para peserta bersih-bersih dan membereskan barang-barangnya untuk bersiap kembali ke daerahnya masing-masing. Setelah sholat Dzuhur, para peserta berkumpul di masjid untuk mendengerkan sepatah-dua patah kata dari panitia sebagai penutupan. Sekitar pukul 14.00, setelah meengabadikan beberapa foto untuk kenang-kenangan , rombongan Tangsel kembali menuju ke Tangsel...

Nah gimana akhi & ukhti, seru kan? Dengan mengikuti kegiatan ini, para peserta jadi bertambah ilmu pengetahuan islamnya, juga bertukar cerita dengan Rohis-Rohis dari berbagai sekolah. Kita juga jadi banyak kenal dengan saudara-saudara kita di Rohis daerah lain. Semoga acara ini dapat terus mempersatukan remaja-remaja Islam di seluruh Indonesia, dan terus mempererat tali silaturahmi.

Oh iya, setelah ini, Rumah Rohis sudah bersiap untuk mengadakan acara selanjutnya, yaitu Rohis Survival. Jadwal mainnya masih ditunggu nih, belum dipublikasikan oleh kakak-kakak panitia. Jadi untuk teman-teman yang mau ikut berpartisipasi, siap-siap yaa ;) Dan semoga di acara selanjutnya, perwakilan dari Irmas Al-Kautsar bisa lebih banyak yang ikut dan lebih antusias, agar Irmas bukan sekedar 'numpang nama' di Rohis Indonesia. Buktikanlah bahwa Irmas Al-Kautsar adalah bagian dari Rohis Indonesia.

Oke, sekalian dulu ya akhi & ukhti postingnya. Wassalamu'alaikum wr. wb. :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Berita Terpopuler

Member